Jumat, 01 Juli 2011

GEJALA MALAS


Sering menunda setiap kerjaan, seperti, besok ajalah…., atau sejam lagi ah! Nah ini lah gejalanya bahwa kita telah terkontaminasi virus anti disiplin. Waspadai gejalanya, nih!.

Entar dulu ahh!
Ini dia kegiatan yang pasti banget kita lakukan, sadar atau enggak sadar. Sebetulnya menunda itu juga termasuk ketidak disiplinan kita terhadap diri kita sendiri. Awalnya sedikit, sebentar, sekali…. Tapi kalau keterusan …  pasti jadi merugikan diri kita sendiri! Nih contohnya!.

Dua menit lagi!
Sekarang dua menit. Besok lima menit, Nanti 10 Menit. The next time we know, kita jadi ratu terlambat di sekolah! Enggak mau jadi begitu? Jangan mentoleransi waker. Begitu waker pagi berbunyi, buka mata lebar-lebar dan cuci muka supaya enggak tergoda untuk merem lagi!
Belajar dan pr-nya entar dulu. Acara TV lagi bagus, nih!
Ketika belajar kita memang harus fokus supaya cepet nangkap materinya. Tapi enggak berarti waktu belajarnya jadi harus mengalah, dong! Niatkan untuk belajar secara berkala. Enggak perlu lama-lama, sejam cukup kok, asal fokus.

Capek! Tidur-tiduran dulu, ahh!
Cuci muka setelah seharian beraktivitas, Hal yang kecil dann penting, tapi suka terlupakan. Soalnya begitu badan sudah kena empuknya kasur, kita langsung hilang ingatan. Bayangkan banyak bakteri yang bersarang di kulit muka kita, debu, kotoran, lengket semua jadi satu. Malas cuci muka sekali, dua kali………. hmmmm nantikan kedatangan jerawat, deh, kalau begini terus!

Bersihin minggu depan aja ah!
Kita terlalu sibuk membersihkan kamar. Sibuk jalan-jalan. Sibuk nonton film. Sibuk mandi dan baca buku. Kita pikir, toh masih ada minggu depan. Tapi guess what, minggu depan kita akan berpikiran yang sama! Dan tahu-tahu kamar sudah jadi gudang tua! Makanya jangan ditunda, bersihkan kamar, seminggu sekali, deh, minimal!

Taruh bukunya di lantai dulu ahh!
Baca buku sambil tiduran, terus mata jadi capek. Bobok dulu ah! Bukunya? Taruh saja di lantai. Baju kotor juga kita timbun di atas meja atau digantung begitu aja di belakang pintu. Satu dua baju, satu dua buku, tapi terus-terusan. Percaya, deh dalam dua minggu kamar kita akan penuh dengan tumpukan barang-barang di mana-mana! Makanya, jangan menumpuk barang-barang di kamar sendiri. Segera letakkan di tempatnya, supaya kita enggak punya kerjaan ekstra dua minggu  ke depan!

Nanya? Enggak ah!
Seringkali kita malas atau  malu bertanya ketika guru menjelaskan di depan. Takut dianggap bodoh, karena kayaknya teman-teman yang lain bisa mengerti. Wah,  ini anggapan yang salah! Justru kalau kita enggak mengerti, kita harus bertanya. Dan guru seharusnya mau menjelaskan. Sekecil apapun pertanyaan kita, jangan malu bertanya, ya! Ini buat kita juga, kok!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar